Tegorejo - Rembuk Stunting Desa Tegorejo Membahas Usulan RKPDesa 2024 untuk Menangani Stunting

Rembuk Stunting Desa Tegorejo Membahas Usulan RKPDesa 2024 untuk Menangani Stunting

Dalam upaya untuk menangani masalah stunting di wilayahnya, Desa Tegorejo mengadakan Rembuk Stunting pada tanggal 22 Juni 2023 pukul 13.00 WIB. Acara tersebut diselenggarakan guna membahas usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) tahun anggaran 2024 yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan stunting yang terjadi di desa ini.

Rembuk Stunting dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kader Pembangunan Manusia (KPM), unsur PKK, unsur Guru Taman Kanak-Kanak (TK), unsur Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kepala Puskesmas, dan Bidan Desa. Kehadiran semua pihak tersebut menunjukkan komitmen yang kuat dari masyarakat dan pemerintah setempat untuk menangani masalah stunting secara serius.

Dalam rembuk tersebut, berbagai isu terkait stunting dibahas secara mendalam. Salah satu fokus utama adalah peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi yang seimbang dan perawatan anak yang baik untuk mencegah stunting. Pemerintah Desa Tegorejo juga membahas langkah-langkah konkret yang akan diambil dalam RKPDesa 2024 untuk mengurangi angka stunting di wilayah mereka.

Salah satu rencana aksi yang diusulkan adalah program pendidikan gizi dan perawatan anak yang melibatkan unsur guru TK dan unsur PLKB (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memberikan asupan gizi yang baik dan perawatan yang tepat bagi anak-anak mereka.

Selain itu, Kepala Puskesmas dan Bidan Desa turut berperan dalam rembuk ini dengan menyampaikan informasi tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin dan perawatan medis yang diperlukan untuk mencegah stunting. Mereka juga memberikan saran dan arahan kepada masyarakat mengenai pola hidup sehat dan pentingnya makanan bergizi bagi tumbuh kembang anak.

Rembuk Stunting Desa Tegorejo ini diharapkan menjadi titik awal bagi upaya serius dalam menangani masalah stunting di desa tersebut. Melalui kolaborasi yang kuat antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai unsur terkait, diharapkan bahwa RKPDesa 2024 akan mampu mengimplementasikan program-program yang efektif dan berkelanjutan untuk mengatasi stunting.

Dengan berjalannya waktu, diharapkan Desa Tegorejo dapat mengurangi angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak mereka. Upaya ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya memerangi masalah stunting yang menghambat pertumbuhan generasi muda.


Dipost : 03 Juli 2023 | Dilihat : 335

Share :