Tegorejo - Rapat Koordinasi Penanganan Balita Stunting Desa Tegorejo

Rapat Koordinasi Penanganan Balita Stunting Desa Tegorejo

Rapat Koordinasi Penanganan Balita Stunting Desa Tegorejo - Puskesmas Pegandon mengadakan Rapat Koordinasi Penanganan Balita Stunting Desa Tegorejo, acara ini dihadiri oleh Bidan Desa Tegorejo, Perangkat Desa, serta Kader kesehatan Desa Tegorejo yang menangani di bidang penanganan stunting.

Pada acara yang diadakan Senin, 15/08/2022 di Aula Balai Desa Tegorejo, Pegandon diisi oleh ahli Gizi Puskesmas Pegandon, Irodah, S.Gz yang memaparkan terkait balita stunting.

Ia memaparkan bahwa penyebab stunting diantaranya Kurangnya asupan zat gizi, anak yang sering sakit, keterbatasan sanitasi dan air bersih,dan keterbatasan pangan di tingkat rumah tangga.

Pada sela pengisian acara tersebut, dijelaskan pula dampak yang terjadi jika anak mengalami stunting, antara lain seperti:

1. Gagal tumbuh (berat lahir rendah, kecil, pendek, kurus, daya tahan rendah;
2. Hambatan perkembangan kognitif yang berdampak pada anak ketika menginjak seolah dan berpengaruh pada nilai sekolah dan tingkat keberhasilan pendidikan;
3. Risiko PTM (Diabetes type II, Stroke, Penyakit Jantung, dll) pada usia dewasa;
4. Menurunnya produktivitas pada usia dewasa.

Oleh sebab itu, Bu dokter menerangkan bahwa penanganan stunting di tingkat desa cukup penting demi masa depan yang cerah dan dapat bersaing ditingkat internasional.


Dipost : 16 Agustus 2022 | Dilihat : 262

Share :